TIPS Mudah Mengutip Referensi dalam Tulisan Ilmiah

images (8)Konon, ada seorang mahasiswa yang sedang menyelesaikan tesis, ketika mengumpulkan tugas akhirnya tersebut ternyata cara pengutipannya kurang sesuai dengan yang diinginkan kampus. Wajarlah, citation/pengutipan kan ada beraneka model: APA style, Chicago, Turabian etc. Dosen tersebut menolak tugas akhir mahasiswa tersebut dan meminta menghadap kembali seminggu kemudian dengan catatan draft tesisnya telah selesai diperbaiki sesuai dengan selingkung kampus.

Namun, dalam waktu kurang lebih dua jam, ternyata mahasiswa tersebut dapat menyelesaikan persoalan teknis seputar pengutipan referensi dan daftar pustaka. Tidak harus menunggu  seminggu, sudah kembali menghadap dosen tersebut dengan membawa tesis kurang lebih 200 halaman. Hebat bukan? ternyata rahasianya ada pada mendeley dan zotero… Menurutnya cukup sekali klik 5 menit saja sudah selesai, hanya mengeprint tulisan yang lebih membutuhkan waktu lebih lama.. wooooow, demikian ucap saya. Acara workshop sehari tentang mendeley dan zotero telah membuat saya penasaran di awal materi disampaikan.

Mendeley dan Zotero merupakan perangkat yang membantu penulis dalam mengutip tulisan. Cukup dengan satu kali klik, maka jadilah kutipan itu. Referensi pun akan menjadi lebih cepat dan rapi terselesaikan. Disitulah pentingnya kita belajar mendeley, zotero, atau aplikasi lain yang fungsinya semacam itu.

Kenapa memilih mendeley atau zotero? Biasa, mahasiswa nyari yang gratisan. wk3… Yang gratisan aja masih gaptek, gimana yang berbayar, bisa rugi atuh kalau masih gaptek. Bisa menggunakan mendeley atau zotero saja sudah bagus… Lain-lain menyusul sajalah untuk saat ini.

Mendeley dan zotero? Makanan yang bergizi bagi yang sedang menulis ilmiah, artikel, jurnal, skripsi, tesis, disertasi, laporan penelitian dsb. Ibarat orang yang memasak, mendeley dan zotero adalah peralatan masak yang cukup canggih dan membantu memudahkan dalam proses memasak. Namun, bagaimana bagaimana halnya jika yang memasak juga sedang belajar memasak? Walhasil, tidak hanya belajar mengoperasikan peralatan masak baru tersebut, melainkan juga belajar mengolah makanan, meracik bumbu sehingga berhasil menyajikan  masakan. Dan itulah yang dialami oleh saya.

Menulis saja masih tertatih-tatih. Tetapi tak mengapa, dengan mendeley dan zotero semoga langkah tertatih-tatih ini kembali menemukan spirit baru..

Walau… mendeley membuat memble, zotero membuat melongo di awal mula saya mengenalaplikasi tersebut karena merasa gaptek banget hi hihi…. tetapi kalau mampu kita terapkan dengan baik dan dibiasakan akan sangat membantu kita dalam mengumpulkan referensi dan mengelolanya agar memudahkan kita ketika mengutip suatu tulisan dan menjadikannya sebagai referensi dalam tulisan ilmiah.

Ah… aplikasi yang bagus kalau tdak ditunjang kemampuan menulis yang bagus yaaa ibarat punya peralatan masak canggih tetapi kokinya tidak canggih. It’s oke… tak mengapa… semoga lama-lama kokinya ketularan canggih.. Praktice makes perferct.. Ayo dipakai apliaksinya, dipraktekkan dan dibiasakan =)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s