[Review Jurnal]Filantropi Islam dan Sektor Ketiga: Potret Lembaga-Lembaga Zakat di Indonesia

Pengantar

Makalah Islamic Philanthropy and The Third Sector: The Potrait of Zakat Organizations in Indonesia  karya D. Muhtada ini  menganalisis peran lembaga filantropi sebagai sektor ketiga di Indonesia. Fokus studi ini mengenai peran lembaga-lembaga zakat sejak filantropi Islam lahir sebagai kekuatan sektor ketiga di Indonesia, yang ditandai dengan lengsernya  Soeharto sebagai Presiden pada tahun 1998.

Di bagian awal, makalah ini mendiskusikan  kerangka teori  filantropi dan sektor ketiga. Dalam bagian ini, konsep filantropi dan sektor ketiga didiskusikan.  Selanjutnya, makalah ini mendiskusikan tentang zakat dan lembaga-lembaga zakat di masyarakat muslim  dengan menggali zakat sebagai konsep filantropi Islam. Di dalamnya juga menjelaskan gambaran umum lembaga-lembaga zakat di masyarakat muslim. Makalah ini juga menjelaskan peran lembaga-lembaga zakat sebagai sektor ketiga di Indonesia. Dalam diskusi ini mencakup tentang perkembangan lembaga-lembaga zakat  di masa Indonesia modern, kompetisi sumberdaya di dalamnya dan kontribusi mereka pada masyarakat Indonesia. Di akhir bagian, ada analisis bagaimana lembaga-lembaga zakat dapat dikembangkan untuk memperkuat perannya sebagai sektor ketiga.

Metodologi

Makalah ini menggunakan pendekatan sosio teologis karena pada dasarnya zakat merupakan isu teologi yang posisinya sebagai rukun Islam yang ketiga. Melalui pendekatan teologis, makalah ini ingin menunjukkan zakat sebagai doktrin Islam memiliki signifikasi tinggi dalam kehidupan sosial. Dengan kata lain, aktivitas sosial melalui pengumpulan zakat akan dianalisis untuk melihat signifikasi sosial dari pilar Islam ini. Data yang digunakan untuk analisis makalah ini tersedia online di website lembaga-lembaga zakat. Lebih jelasnya, data juga dapat diperoleh melalui tulisan-tulisan dengan isu-isu yang relevan.

Bersambung…..

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s