Belajar Ketekunan [Sidang WIP 1]

“Lakukanlah amal sesuai kesanggupan. Karena sesungguhnya Allah tidak akan bosan sehingga engkau menjadi bosan. Dan sesungguhnya amal yang paling Allah sukai ialah yang terus-menerus dikerjakan walaupun sedikit.” (HR Abu Dawud).

Alhamdulillah, sidang WIP (work In Progress) Tahap 1 Tesis sudah saya lalui Jumat 2 Oktober 2015. Di sinilah saya merasakan bagaimana belajar untuk istiqomah, konsisten dalam mengerjakan, karena tesis bukan karya yang selesai dalam satu malam.

Setelah meriang mengejar pendaftaran sidang wip 1, dan kembali tumbang setelah ujian wip , saatnya kembali bangkit dan berjuang. Memperbaiki draft pasca sidang untuk minta tanda tangan perbaikan ke para penguji, dilanjutkan memperbaiki bahan ujian komprehensif. Setelah itu daftar sidang komprehensif sambil penelitian di lapangan dst. Ah begitu banyak rangkain proses yang akan saya lalui menari-nari di kepala. Sungguh membuat kepala puyeng kalau hanya sekedar dipikirkan. Saya buat time schedule, waow, sepertinya akan sangat berat untuk selesai dalam semester ini. Wawlohu alam. Diikhtiarkan dulu semampu saya, sambil terus berdoa, masalah lulus kapan itu urusanNya.

Dengan begini, saya jadi disadarkan, dipaksa berlatih untuk menghargai sekecil apapun proses yang dikerjakan dalam penyeleseian tesis. Dan Alloh tak akan mengubah nasib saya, kalau saya hanya berdoa dan kurang berusaha. Kerjakan.. kerjakan.. kerjakan….

Setiap hari kerjakan walau hanya sedikit.. Lama-lama akan menjadi akumulasi suatu pencapaian.

Segalanya akan indah pada waktunya, tugas manusia sekarang adalah tekun dalam berlatih dan belajar. Ketekunan akan menemukan jalan, yakni jalan cinta dari sang maha cinta kepada seorang hamba, sehingga Dia akan memberikan kelapangan, bimbingan, petunjuk bahkan akan mengulurkan tanganNYa, di puncak kelelahan ikhtiar dan doa. PertolonganNya amat dekat, tak disangka-sangka bagi hambaNya yang senantiasa istiqomah (tekun) dan yakin padaNya.

Semoga bisa tetap menjaga ketekunan dalam belajar dan berlatih, menulis, membaca, presentasi hingga kelulusan nanti. Aaamiin YRA.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s