Berproseslah Dulu

Michael Angelo berkata,“Jika saja orang tahu sekeras apa saya bekerja untuk mendapatkan keahlian saya, pekerjaan yang saya lakukan pasti tidak akan mengagumkan sama sekali.” Masalahnya adalah, kita hanya melihat hasil akhirnya, bukan prosesnya.

Ketika kita mendengar kisah orang-orang yang amat maju dan sukses, biasanya mereka menghadapi hambatan / kesulitan dalam kehidupannya. Ada banyak usaha coba-coba sebelum sesuatu menjadi mudah dan maju.

Tidak selalu mudah untuk maju. Tapi kadang apa yang ada di depan akan lebih baik. Kita harus melakukan hal-hal yang cocok untuk kita dan mudah-mudahan itu juga kita nikmati.

Belajarlah menyelidiki diri dan kemampuan kita. Temukan waktu yang tepat untuk mengasah pikiran. Seperti dikatakan Kong Hu Cu,”Belajar tanpa berfikir adalah sia-sia”. Jadi, jangan biarkan hal itu terjadi pada diri kita. Belajar, bekerja, dan berfikirlah dengan proporsi yang seimbang, niscaya kita akan berjalan ke arah yang tepat.

Hmmm persis dengan kegalauan akademik dan kegalauan kerja yang saya alami sekarang. Galau tesis, dan galau untuk menjadi seorang peneliti.  What should i do? Saya tahu, jam terbang membuat seseorang menjadi ahli..  Tidak ada seorang yang lahir sebagai peneliti tanpa tempaan, tanpa proses pembelajaran dan berlatih. Semua butuh proses.. Terkadang kita melihat hasil akhir dan kesuksesan seseorang tanpa melihat bagaimana tempaan hidup dan pembelajaran yang telah dilaluinya. Itulah yang perlu kita ikuti, berproses, belajar dan tumbuh menjadi lebih baik dari hari ke hari…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s