Harga Kepantasan (Pangkal Pinang 2)

Wow, alhamdulillah akhirnya aku ke Pangkal Pinang lagi. Adeku diterima kerja di sana sebagai abdi negara. Alhamdulillah, bersyukur banget, perjuangan berbuah manis. Lelah, sudah pasti. Tapi semua seakan terbayar oleh hasil yang sesuai harapan. Manusia hanya bisa berusaha, berdoa dan tawakal. Hasil akhir biarlah Dia yang menentukan.
Sesuatu yang berharga tak akan mudah didapatkan. Ada harga kepantasan yang harus dibayar untuk mendapatkannya. Apapun itu. Mau lulus kuliah, mendapatkan pekerjaan, menikah, etc. Semua butuh perjuangan, proses untuk meraihnya.
Pantaskan diri untuk meraih apa yang kita cita-citakan. Persiapkan diri dengan segala kemungkinan pahit manis dari setiap mimpi indah yang kita bangun, dari harapan dan cita yang kita rajut. Lewati proses sambil berdoa, agar mendapat bimbingan dan petunjukNya. Akhirnya siapkah diri kita untuk melangkah dan menghadapi resiko atas pilihan yang kita ambil? Tak ada jalan hidup yang selalu mulus. Akan ada hambatan, tantangan, masalah selama perjalanan meraih cita.
Trus apakah berarti mundur? Ehm, tergantung, seberapa potensi kita n kira-kira mampukah kita melaluinya. Memang Alloh Maha Kuasa, tapi bukan berarti kita tidak memperkirakan seberapa pantas kita untuk meraih cita-cita yang kita inginkan. Tugas manusia berikhtiar seoptimal mungkin, diiringi doa tentunya. Jikalau kepasrahan kita padaNya ternyata menunjukkan isyarat yang menjauhkan kita dari apa yang kita inginkan, boleh jadi itu bukan yang terbaik buat kita. Allah akan menggantikan dengan hal lain yang lebih pas, dalam pandanganNya. Apapun hasil akhir, jikalau sudah melalui proses usaha, doa dan tawakal yang optimal, kita tak akan pernah menyesal. Walaupun bisa jadi hasilnya tidak sesuai dengan harapan kita. Toh, kita sudah mencoba. Jadi tak menimbulkan penasaran. Berbeda halnya jika kita tak pernah berani mencoba, maka akan menjadi bayangan seumur hidup. Akan ada penyesalan yang tak akan pernah bisa tergantikan.
Beranilah bermimpi, dan raihlah mimpimu..
Bsyarlah harga kepantasan mimpimu dengan usaha, doa, tawakal sepenuh hati dan jiwa padaNya semata. Apapun hasilnya, jika sudah melalui proses yang baik dan benar kita akan tenang menerimanya. Iklas menjalaninya:-)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s