Menaklukkan Gajah (Hati -Hati dengan Kenyamanan yang diberikan Orang Lain)

Gajah-gajah di Lampung bebas, liar, suka merusak perkampungan. Suatu saat mereka ditembak pemburu dengan obat bius. kemudian dibawa ke sekolah gajah Way Kambas. Kaki gajah dirantai sehingga ketika akan berdiri jatuh lagi. Makanan diberikan yang tidak enak, daun kering. Karena itu yang ada dan gajah tidak bisa ke mana-mana ya akhirnya habis juga. Berbulan-bulan lamanya rantai diperpanjang sedikit demi sedikit, akhirnya dilepas. Ketika dilepas rantainya dan diajak main bola, gajahnya sudah jinak.

Teroris ditahan di masukan camp, diberi fasilitas sehingga membuat nyaman. Mereka akhirnya lupa dengan teman seperjuangan di luar.

Hikmah yang kita peroleh:

Hati – hati dengan kenyamanan yang diberikan orang lain, banyak organisasi, karena seringkali suatu saat membuat anda tersadar bahwa anda sedang dijinakkan.

Anda boleh masuk ke dalam suatu instansi, perusahaan, kantor dsb, tapi jangan sampai anda kehilangan visi. Klo memang ternyata sudah merubah visi, anda harus mulai berpikir kembali tentang visi hidup anda.

Mungkin awalnya gajah terpaksa makan daun kering, awalnya tidak enak tidak mau. tapi karena lama-lama terbiasa jadinya ketika diberi rumput hijau jadi tidak enak lagi.

Ketika ingin meliarkan kembali siamang yang sudah jinak. Kasihan sekali. Karena ketika di lepas ke hutan, mereka terlihat bingung, tidak langsung bebas bergerak ke mana-mana. Begitu juga ketika melepas burung yang sudah lama di dalam sangkar. Ketika di lepas tidak langsung terbang, tapi hinggap dulu, seperti mikir-mikir dulu..

Begitu juga ketika anda di dalam suatu organisasi sudah tidak mampu lagi mempertahankan visi misi hidup anda. Maka sebaiknya anda merenungkan kembali, apakah masih bisa berlanjut atau dilepas saja.

Ketika masih menjadi mahasiswa aktif, kritis. Begitu menjadi anggota DPR menjadi lembek..

Hati-hati juga ketika di lembaga bila bisa menyatukan visi, bersinergi, walaupun menurunkan standar. Asal masih dalam visi standar anda.Yang penting jangan sampai kehilangan visi hidup anda.

Manusia sifatnya senang di zona kenyamanan dan menghindari kesusahan. tetapi biasanya yang dihindari banyak orang yaitu menghindari kesusahan lebih kuat dibanding mencari kesenangan. Kalau orang sudah nyaman maka akan berusaha mempertahankan kenyamanannya itu.

Buat orang-orang yang kerja tidak sesuai dengan hati nurani tidak sesuai dengan passsion. Ya walau kerja satu jam, maka tidak akan sembuh capeknya dalam seminggu.

Berganti pekerjaan adalah hal yang tidak menyenangkan. Ada satu hal. Ketika kita masuk dalam suatu sistem atau lembaga. Ibarat biji yang masuk dalam pot besar. Kita tumbuh dengan benih lain di pot. Bisa jadi kita tumbuh lebih cepat dan tidak muat lagi di pot, makanya mau tidak mau harus quit dari situ. Bisa jadi awalnya nyaman, tetapi lama-lama bosan. Atau tetap disitu sebagai bonsai.. =D

Kenyamanan itu nikmati ala kadarnya saja. Tunda kesenangan. Jangan nikmati saat itu juga. Ketika masih muda, ingat hidup anda masih panjang. Kalaupun mau menikmati itu, yakinkan bahwa anda punya dana abadi.

Kalau kita punya keinginan, maka diupayakan supaya berhasil.

Banyak orang melakukan ini, ya melakukan saja.

Pemikiran lahir dari tindakan.

Tindakan yang terus- menerus melahirkan kebiasaan.

Kebiasaan akan melahirkan karakter.

Karakter Inilah yang memperlihatkan warna kita.

Kalau karakternya begini, dreamnya begini kira-kira bisa tercapai tidak

NB. Sharing diskusi The Power of Life-nya TRIJAYA FM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s