PNS Ibarat Tanaman dalam Pot

PNS Ibarat Tanaman dalam Pot.

Hmm, suatu istilah yang kudapatkan dalam acara diklat kepegawaian akhir Mei 2010 kemarin. Ya, Pak Kanwil kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah yang memberikan istilah demikian.

Mengapa tanaman dalam pot?
Ya, karena PNS itu abdi negara, maka gaji bulanannya sudah bisa dikira-kira seberapa banyaknya. Ibaratnya tanaman ya akarnya bisa mencari sari-sari makanan sebanyak yang tersedia di dalam pot. Kalau ga cukup ya.. bolehlah akarnya keluar sedikit dari pot. Cari pekerjaan sambilan gitu. Tetapi kalau akarnya kebanyakan keluar dari pot bisa dipastikan potnya akan pecah. he he he. Maksudnya, konsentrasi ke pekerjaannya sebagai abdi negara tidak akan bisa optimal. Misalnya dia lebih mengurus bisnisnya dibanding pekerjaan kantor. Itu tidak diperbolehkan. Tetapi kalau akar hanya sedikit yang keluar masih diperbolehkan. Sebuah istilah yang cukup mengena di hati.

Pengalaman Pak Kanwil sendiri mengapa dia bisa menjadi kanwil ya “wis dikersakke sing kuwoso”. Mungkin ada orang yang lebih pandai dibanding dirinya, tetapi kenapa Tuhan memilih dia menjadi Kanwil yaitu tadi, mungkin dia dianggap pas untuk menjadi kanwil. Ibarat tanaman dalam pot, potnya pak Kanwil itu lebih besar dibanding pot -pot PNS yang biasa saja, tidak memiliki suatu jabatan. Gerrr, peserta spontan hampir tertawa semua. Joke yang cukup segar untuk acara malam hari. Membuat peserta diklat sekitar 300-an orang menjadi tidak mengantuk.

Hal yang berkesan dari sosoknya adalah Pak Kanwil meniti karier dari bawah. Mulai dari guru dengan gaji yang tidak “cucok” untuk membayar tenaga dan pikiran yang sudah dia keluarkan. Yang penting niatnya tulus, Pak, Bu. Biarkan Allah saja yang mengatur jalan kita mau bagaimana. Eh ga taunya kok saya sekarang bisa jadi begini ya..

Applause para audience kembali terdengar. Hal lain yang tak kalah penting agar bisa menjadi seorang yang sukses adalah KSA (Knowledge, Skill, Attitude). Bagaimana kita mau berusaha mencari ilmu, pengetahuan secara terus-menerus didukung keahlian dan sikap yang baik. Insya Allah kesuksesan akan bersama kita. Amiin

(^ _ ^)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s